Kurikulim Pencaksilat SD, SMP

Kurikulum Pelatihan pencak silat Padepokan “ Siteki Teratai “

Posted on

Adapun ketentuan materi latih yang diberikan kepada anggota latih baru per tahun 2018 disesuaikan dengan tata tertib yang ada antara lain :

Siswa siswi untuk tingkat awal diberikan materi di  pertemuan selama waktu

6 bulan untuk SD atau sederajat.

3 bulan untuk tingkat SMP.atau sederajat.

3 bulan untuk tingkat SMA atau sederajat.

  • Untuk SD dari bulan 1-3 tidak ada UKT di bulan ke 4. Yang ada hanya pengukuhan sebagai anggota latih dasar. Dengan pengadaan acara
  1. Prosesi pemasangan sabuk putih bersama sama dalam satu aba-aba dan dilakukan pemasangannya oleh siswa latih masing masing.
  2. Doa bersama agar untuk pelatihan selanjutnya siswa latih diberikan hati yang mengabdi, nurut dan sabar dalam mempelajari keilmuannya.
  3. Makan bersama dimaksudkan agar setiap anak didik merasakan adanya rasa paseduluran dan kebersamaan hidup dan belajar bersama. Saling menghormati dan saling memiliki ( paseduluran ).
  4. Pemberian bet nama masing masing agar nantinya dipasang di baju seragam masing-masing siswa latih.

 

Keterangan :

  • Untuk Tingkat SD dan sederajat,sabuk tertinggi hanya sampai kuning 1. Jadi pemaparannya sabuk putih 1 tahun dan merah 6 bulan dan kuning 1 6 bulan total menjadi 2 tahun.
  • Untuk kemampuan total dari putih sampai kuning 1 SD ketrampilan yang didapat hanya gerak pasang 1 – 4 ditambag pasang tutupan ( pasang tarung silat PST ), jurus teratai 1, jurus teratai 2 dan jurus IPSI tangan kosong.
  • pembagian pelatihannya adalah
  1. Kelas 1 – 3 Rombel A
  2. Kelas 4 – 6 Rombel B

 

  • Untuk SMP dan SMA dan sederajatnya. Diawal bulan ke 4…wajib diadakan UKT ( Ujian Kenaikan Tingkat ) dari sabuk dasar ( putih ) menuju sabuk merah.
KURIKULUM-LATIH-SITEKI-TERATAI-1990-TINGKAT-SD-DAN-SEDERAJAT.pdf (87 downloads)