JURUS DASAR 5 – 10

Posted on

JURUS DASAR 5 [ GILAS ]

Jrus ini merupakan jurus dasar kelima dengan gerakan mengembangkan tangan keatas dengan posisi kuda-kuda tengah dengan menarik nafas .
Lalu ditahan dengan posisi tangan ibarat mengikat sabuk.Kemudian nafas dilepaskan hingga habis lalu posisi tangan kanan berada diantara tengah dada dengan posisi menusuk kebawah sedangkan tangan kiri dibawah pusar, lalu kaki kanan maju dengan gesekan [ menekuk ]merapat dengan kakisambil tangan kanan diangkat ditengah-tengah dada tangankiri , kemudian pada saat kaki kanan maju kedepan dengan kuda-kuda depan agak serong, posisi tangan menusuk bawah dada [ melingkari dada ] sementara bersamaan tanggan kiri bergerak / mengesek perut atas pusar serta dengan menarik nafas sedikit demi sedikit pada setiap langkah.
Teknik nafas ditahan dibawah pusar. Nafas tarik / menyedot.

 

JURUS DASAR 6 [ TANGKIS ]

 

Jurus ini merupakan jurus dasar keenam dengan gerakan mengembangkan tangan keatas dengan posisi kuda-kuda tengah dengan menarik nafas.
Lalu ditahan dengan posisi tangan ibarat mengikat sabuk. Kemudian nafas dilepaskan hingga habis, lalu kaki kanan maju dengan gesekan [ menekuk ]merapat dengankaki kiri , posisi tangan kanan diatas pusar bawah dada dengan posisi persiapan tangkisan sedangkan tangan kiri tetep dibawah pusar, kemudian pada saat kaki knan maju kedepan dengan kuda-kuda depan agak serong , posisi tangan kanan menangkis [ tangkisan ] dengan posisi telapak tangan menggenggam kearah depan sementara bersamaan tangan kiri tetep dibawah dada dan bergantian, menarik nafas sedikit demi sedikit pada setiap langkah.
Teknik nafas ditahan dibawah pusar. Nafas tarik / menyedot.

 

JURUS DASAR 7 [TUGELAN / PATAHAN ]

 

Jurus ini merupakan jurus dasar ketujuh dengan Gerakan mengembangkan tangan ke atas dengan
Posisi kuda-kuda tengah dengan menarik nafas.Lalu ditahan dengan posisi tangan ibarat mengikat
Sabuk.Kemudian nafas dilepaskan hingga habis, lalu kaki Kanan maju dengan digesekan [ menekuk ] merapat
Dengan kaki kiri, posisi persiapan tangkapan Sedangkan tangan kiri tetap dibawah tangan kanan
Dalam posisi memegang, kemudian pada saat kaki Kanan maju kedepan dengan kuda-kuda depan agak
Serong, posisi tangan kanan menagkap [tangkapan ]Dengan posisi tangan telapak tangan memegang ke-
Arah depan sementara bersamaan tangan kiri tetap Dibawah dada dan bergantian, menarik nafas sedikit
Demi sedikit pada setiap langkah. Teknik nafas ditahan dibawah pusar. Nafas tarik / menyedot.

 

JURUS DASAR 8 [PENETAN]

 

Jurus ini merupakan jurus dasar kedua dengan gera-Kan mengembangkan tangan keatas dengan posisi
Kuda-kuda tengah dengan menarik nafas.Lalu ditahan dengan posisi tangan ibarat mengikat sabuk.Kemudian nafas dilepaskan hingga habis, lalu kedua telapak tangan dihadapkan ke wajah dinaikan keatas hingga penuh [posisi tangan ibaratkan becermin ] sambil menarik nafas, setelah itu maju dengan menekuk kaki kanan [dirapatkan] sisi lengan digesekan disisi badan dengan telapak tangan dihadapkan keatas lalu menggesekan kaki kanan terlebih dahulu dengan gerakan kaki kuda-kuda depan semi tengah [agakserong] kemudian tangan dibuang dengan posisi dihadapkan kebawah
Sejajar dengan kaki kanan [membuang sedikit nafas melalui hidung], dan seterusnya bergantian dengankaki kiri.
Terknik nafas ditahan dibawah pusar. Nafas buang / lontar

JURUS DASAR 9 [COLOKAN]

Jurus ini merupakan jurus dasar kesembilan dengan gerakan mengembangkan tangan keatas dengan posisi kuda-kuda tengah dengan menarik nafas .
Lalu ditahan dengan posisi tangan ibarat mengikat sabuk.Kemudian nafas dilepaskan hingga habis, lalu kedua telapak tangan diletakan bertepuk didepan wajah sejajar dengan posisi mata lalu saat kaki bergerak telapak sebelah atas didorong kedepan diatas telapak sebelah kiri. Posisi tersebut bergantian . gerakan kaki sama, yaitu menggesekan
Kaki kanan terlebih dahulu dengan gerakan kaki kuda-kuda depan semi tengah [agak serong] kemudian tangan dibuang denganposisi dihadapkan kebawah sejajar dengan kaki kanan [membuang sedikit nafas melalui hidung],dan seterusnya bergantian dengan kaki kiri.
Teknik nafas ditahan dibawah pusar. Nafas buang / lontar.

JURUS DASAR 10 [PENETAN UNJUNG-UNJUNG]

 

Jurus ini merupakan jurus dasar kesepuluh dengan gerakan mengembangkantangan keatas dengan posisi kuda-kuda tengah dengan menarik nafas.
Lalu ditahan dengan posisi tangan ibarat mengikat sabuk . kemudian nafas dilepas hingga habis , lalu kedua telapak tangan dihadapkan ke wajah dinaikan keatas hingga penuh [posisi tanganibaratkan bercermin ] sambil menarik nafas, setelah itu maju dengan menekuk kaki kanan [dirapatkan] sisi lengan sisi lengan digesekan disisi badan dengan telapak tangan dihadapkan keatas lalu menggesek kaki kanan terlebih dahulu dengan gerakan kaki kuda-kuda depan semi tengah [agak serong]kemudian tangan dibuang dengan posisi dihadapkan kebawah. Sejajar dengan kaki kanan [membuangsedikit nafas melalui hidung ], dan seterusnya bergantian dengan kaki kiri . kedua tapak tangan tempelkan ditanah lalu putar tapak kanankekanan tapak kiri kekiri lalu raupdan lontarkan keatasseperti megangkat beban , posisi sampai atas kepala .
Teknik nafas ditahan dibawah pusar saat penekanan sampai permukaan tanah. tNafas TARIK saat mengangkat.